Belakangan trend untuk furniture mengarah ke model minimalis, hal ini juga didukung dengan pertumbuhan property di tanah air dengan bentuk rumah yang minimalis dan simple. Hal ini bisa dipahami karena beberapa kebutuhan akan furniture ini disesuaikan juga dengan bentuk rumah yang minimalis dan simple.

Furniture minimalis identik dengan permainan warna dan aksesoris tambahan yang bukan kayu, bisa dengan besi, alumunium, kaca ataupun plastic. Selain penambahan aksesoris dari bahan lain, furniture minimalis juga identik dengan permainan kombinasi warna yang atraktif dan menarik. Pemakaian bahan utama dalam furniture model minimalis berupa kayu atau partikel board menjadi lebih berkurang dibandingkan dengan furniture model classic.

Komponen aksesoris yang bukan kayu atau partikel board biasanya digunakan pada bagian tertentu pada suatu produk furniture. Kaki meja makan, kaki coffe table, kaki kursi biasanya menggunakan bahan besi ataupun alumunium. Dengan adanya penambahan variasi tersebut dapat menambah nilai artistic bagi produk tersebut meski tidak semuanya berbahan kayu solid. Disamping alasan variasi, perpaduan bahan-bahan tersebut juga untuk menghemat beberapa bahan baku utamanya. Seperti diketahui, bahan baku akan kayu solid semakin hari mengalami kesulitan. Perpaduan bahan tersebut adalah salah satu cara untuk menyiasati hal tersebut.